Paris 4 : Merci Paris, Titis, and of course NESO Indonesia!

Saatnya meninggalkan Paris. Sebuah kota yang dikenal semua orang, sebuah kota dengan jalan setapak yang membuat anda menyusuri pemandangan indah Sungai Seine sekaligus rumah-rumah klasik nan megah sambil menikmati aroma roti Perancis yang  baru saja keluar dari oven. Ya, semuanya bisa dinikmati secara gratis di Paris, Perancis.

Saya secara pribadi menyenangi kota ini, lebih daripada Belgia.

Tanggal 17 Agustus yang merupakan Hari Kemerdekaan Indonesia, juga menjadi hari perpisahan saya dengan kota Paris dan partner Summer School saya, Titis. Ia akan kembali ke Indonesia lebih awal, segera setelah beristirahat semalam di Amsterdam. Aneh rasanya memulai perjalanan sendiri, tanpa kehadiran Titis di samping saya. Komentar-komentar polos nan lucu akan jarang terdengar, dan mungkin kali ini saya harus lebih keras berusaha membaca peta Eropa sendirian. Ucapan terimakasih tentu saya ucapkan bagi gadis yang berasal dari Jogja ini untuk setiap kebersamaan dan juga kegembiraan yang ada selama masa Summer School di Belanda, Belgia, dan Paris. Sebagai manusia, saya sadar akan banyak kekurangan dan juga mungkin perbuatan yang kurang menyenangkan buat Titis. Untuk hal hal yang tidak enak diingat, saya juga minta maaf dengan tulus.

Terimakasih Tis, semoga cita-citamu bisa diraih; cepat bertemu dengan sang kekasih di tahun ini; dan juga menyelesaikan tugas agung, yaitu Skripsi dengan segera.

Het Beste, Tis! 🙂

Finally, rice for Titis!

Wishing you all the best!

*     *     *

Begitu besar kasih Tuhan bagi saya, hingga diberikan kesempatan untuk merasakan pengalaman luar biasa yang tiada duanya, yaitu belajar mengenai sebuah Negara secara langsung di tanah itu, di negeri itu sendiri. Kalau mata pelajaran yang diambil saat itu ialah Dutch Culture : Society and Cuurent Issues, saya rasanya mendapatkan 200 persen dari materi kelas. Dengan berbagai ilmu tentang budaya, politik, ekonomi, sosiologi, bahkan hingga mengenai jenis makanan disana, saya sungguh diperkaya dan merasakan perbedaan yang signifikan atas pembelajaran ini. Namun tidak hanya teori, secara langsung saya bisa memahami, mengerti dan menerapkan ilmu yang didapatkan saat itu. Terlebih lagi, dua ratus persen tersebut saya dapatkan melalui pergaulan dan interaksi sosial yang dilakukan di sana bersama teman-teman dari penjuru Dunia, barat maupun timur.

C-43 What great class!

Terimakasih NESO Indonesia, untuk menyatakan mimpi yang selama ini digenggam dan dipercaya.

Seyogyanya ada pintu yang terbuka, lebarkanlah sayap pengetahuan anda hingga ke negeri seberang. Menempuh ilmu di negeri orang tidaklah pernah menjadi sebuah kesalahan, malah sebaliknya, anda diberi kesempatan berharga untuk merepresentasikan Indonesia di mata Internasional. Bagikan sukacita dan kebahagiaan yang anda dapat di Indonesia, ajak mereka untuk turut mengenal bangsa ini lebih lagi.

 

*     *     *

Secara pribadi, pengalaman ini menjadi injeksi Vitamin B yang luar biasa bagi saya untuk terus melangkah maju, dan semoga dirasakan sama oleh teman-teman pembaca blog atau mereka yang memiliki mimpi serupa.
Satu hal yang pasti, tiada hal yang akan datang secara cuma-cuma. Sebuah niat dan usaha memang patut dilakukan untuk mendapatkan Vitamin B, Vitamin Bahagia milik anda sendiri. Walau kadang lelah dan jatuh dalam prosesnya, ingatlah untuk bangkit dan tidak menyerah. Hati anda tahu, bahwa anda tidak sendirian.
Bukan hanya sebatas kata, “mimpi” memang bisa menjadi sebuah kenyataan. Dan bukanlah “mimpi” apabila terlalu mudah untuk digapai.  


*     *     *

Viona Grace N.H with a very high gratitude to Jesus Christ for every single second she had in her life.

9 thoughts on “Paris 4 : Merci Paris, Titis, and of course NESO Indonesia!

  1. Tiar August 27, 2011 at 9:19 pm Reply

    Great, kisah manis di negeri orang.

    • G.Viona August 28, 2011 at 5:43 am Reply

      Hai Tiar! Thank you for reading! 🙂 Iya , bersyukur bisa kesana, bisa ke Belanda, negeri yang didambakan selama ini, ditambah bonus jalan-jalan ke negara Eropa di sekelilingnya.

      Kelihatannya perlu belajar banyak dari juara lomba menulis seperti kamu! 🙂

      Nice to meet you!

      • Tiar September 2, 2011 at 3:29 pm

        U’r welcome. Semoga bermanfaat yah Vi.
        Kelihatannya perlu belajar banyak dari juara lomba menulis seperti kamu! 🙂 maksudnya opo iki? LOL.

        aku uis follow twitter km tp blm di follow back sm km. @ariyantotiar.
        aku jg ad blog wordpress, tp ga update, ak ad blog di blogspot. jgn lupa kunjungi, n chat box juga, hehe ksh kritik klo ad yg kurang atau salah. hehe http://www.ariyantotiar.blogspot.com

  2. Fanny Lesmana August 28, 2011 at 2:37 pm Reply

    Mimpi bukanlah mimpi jika mudah diraih… I like that quote…

    • G.Viona August 28, 2011 at 4:49 pm Reply

      Ini terinspirasi oleh Mba Khrisma Fitriasari, saat saya gagal masuk dan menggapai salah satu impian saya bu.. : ) She’s been so wise!

  3. Tiar September 2, 2011 at 3:41 pm Reply

    Viona jgn lupa folback twit aku ya. hehe kalo bisa sih add juga fb aku.
    saya senang bisa kenal kamu, semoga bisa jadi teman baik.

  4. Hestu Rahmayani September 6, 2011 at 8:52 am Reply

    nice story 🙂
    make me believe of my dream ^_^
    salam kenal ya

    • G.Viona September 6, 2011 at 12:33 pm Reply

      Salam kenal Hestu.
      Indeed, its not easy to believe in ourselves, especially when it comes to big dreams.
      But we are not alone. There’s a Bigger power that will make it happen sooner or later.

      I believe you can do your dream as well. I am on my way to reach my dreams too 🙂 Fightingg!! 🙂
      Thank you for reading, means a lot to me. I should learn a lot to be a good writer, thought. 🙂

  5. Jezjez Jung Min Hwa September 8, 2011 at 2:34 am Reply

    “Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia”

    Gezzz sepertinya aku bisa rasakan apa yang kau rasakan… How great is our God!! ;’)

Leave a Reply

