(96 Hours Before Final) Broken Wings

Sunday, 5 June 2011

“Ges, ini pigura wisuda untuk bulan Agustus nanti,ya..” kata Mama saya sambil tersenyum dan menunjukan sebuah pigura berbingkai hitam silver dengan gaya minimalis. Tulisan “Happy Graduation” jelas terukir di sisi kanan bawahnya.

Saya pun angkat bicara.

Air mata saya tidak bisa berhenti menangis segera setelah perbincangan tersebut. Kedua tangan pun saya gunakan untuk menahan suara isakan yang keluar. Seorang anak mana yang tega melihat harapan orang tuanya luluh lantah. Mau tidak mau saya harus tega. Mundurnya jadwal wisuda cukup mengejutkan orang tua saya, dan tentu saja saya sendiri. Tidak ada yang bisa dilakukan selain menerima kenyataan bahwa organisasi yang saya teliti sangatlah sibuk dan kompleks sehingga butuh waktu yang lebih lama untuk mendalaminya. Hal tersebut jelas telah membuat mereka kecewa sekaligus harus rela menunda keberangkatan saya ke Taiwan di bulan Agustus 2011. Mengecewakan mereka untuk yang kedua kalinya? Saya tidak berani.

Surprised by this Big 30 Namelist

Text To Yosua : “Mungkin saya ngga bisa datang. Too much cost already. Saya baru saja dari Jakarta, hampir 3 hari ini.” Balasan saya setelah ditelepon pihak Neso Indonesia.

Untexted to Yosua : “Anda pikir saya segila itu untuk mengambil kemungkinan yang bahkan tidak bisa diduga. Oh nooo, im so glad about this, yet ironic to know that i just cant go..” sadly speaking.

Keputusan saya untuk tidak berangkat mengikuti event penyerahan hadiah sudah bulat, kata orang Jawa ‘mentok’. Tidak cukup berani saya untuk meminta biaya transportasi PP Sby Jkt, terlebih lagi kemungkinan kalah dalam kompetisi masih terlihat begitu lebar. Dihadapkan dengan kemungkinan yang dapat mengecewakan harapan mereka, saya pun mengurungkan niat untuk mengatakan pada mereka tentang keikutsertaan lomba ini dan berpura-pura tidak terjadi apa-apa. Dukungan dana yang ditawarkan oleh dosen saya pun juga tidak berpengaruh pada keputusan awal. Toh, tulisan yang lain tidak kalah baik.

Passion-hasrat,

Seperti sidik jari yang diciptakan oleh Tuhan, passion diberikan Tuhan secara khusus untuk mengimbangi talenta dan potensi manusia.Anda bisa memilih untuk melupakan, namun tidak dapat dihilangkan.

They stick on you.

Saya tidak mampu melupakan, sehingga akhirnya berkata jujur pada orang tua saya. Sungguh berharga jawaban yang diberikan orang tua terhadap keraguan saya. Semangat dan juga dukungan yang diberikan akhirnya membuat saya mengubah keputusan dan juga pemikiran saya. Mereka bilang : Kegagalan adalah proses dari belajar. Mengorbankan sejumlah uang yang setara dengan jatah jajan saya 2 bulan? Siap dilakukan. Kemungkinan dikasihani oleh peserta lain karena jauh datang dari luar kota dan ternyata kalah? Siap saya terima. Gagal menginjakkan kaki di Belanda tercinta? Saya siap mental. Jakarta, sambutlah saya.

(cont.)

19 thoughts on “(96 Hours Before Final) Broken Wings

  1. anggi wijaya June 10, 2011 at 9:06 am Reply

    I just remember when u told me that stories, ges! memang yah, passion itu yg jadi bahan bakar luar biasa..! =) hands may be tired, minds may be exhausted, but a passionate heart makes u keep going! =)
    congrats lagi dan lagi! =D

    *btw, kmu wes kaya agmon ae, living by dreams! haha.. it’s great!

    • G.Viona June 10, 2011 at 4:00 pm Reply

      Agnes Monicaaaa… Ya i learn a lot from her too, nggy, since i like her much. Hahaha =) Hey nggyyyy…Thank you very much for listening me that time ya. I’ve been so angry that time. And you never get tired to listen and stay. That’s the most important. Love you, sist! I know you’re doing great!

  2. yosuakristianto June 10, 2011 at 9:17 am Reply

    First comment in your new blog. Good article and I like the way you write it, blog is about the truth, about the purity of expression. Waiting for your next post.

    • G.Viona June 10, 2011 at 3:58 pm Reply

      Ahhh… my friend seems run faster before you. =) Yos, im glad for this. Thank you for every encouragement! =) Hope you will keep on reading my blog ya! Your comment would be so valuable! =D

  3. Gloria Lady Leony June 10, 2011 at 10:55 am Reply

    love your writing 🙂 i learn from you sist.

  4. jeni karay June 10, 2011 at 11:21 am Reply

    Awsome ges, maju terus, pantang mundur. Tulisanmu menggugahku untuk tetap bermimpi dan tetap punya harapan. Aku berharap kamu bisa menginjakkan kakimu di negri impianmu :). Smangaaat!!

    • G.Viona June 10, 2011 at 4:02 pm Reply

      Jen thank you for helping me , printed my ticket =) Thanks a lot! =) Jen, you are a great person yet a good leader. So keep on moving and do the best for everything. =) You can do it! GBU

  5. Jezjez Jung Min Hwa June 10, 2011 at 9:08 pm Reply

    Geeezzzzzzzzzzzzzz…hahhhaa..aku penuh dengan vitamin B lhooo… ^^
    Teringat sesi curhat qta dikamar kozmu.. “Ternyata byk hal yang qta alami (soal cinta, soal teman, dll :p ) yang sama “CASE”nya XD”
    Seperti yg kamu tulis disini..yg kamu alami hampir sama persis seperti yang sdh kualami.. ehm mungkin bedanya kamu sdh berhasil dan aq belom *langitbiru* (serupa tapi tak sama hihihi)..
    But everything it’s okay 🙂 krn kupercaya semua indah pada wakunya.. biarlah ceritaku yg blom berhasil itu jadi warna hitam yang menghiasi lukisan kehidupanku agar warna-warna lukisan kehidupank menjadi lebih hidup XD

    ThX GOD I HAVE FRIEND LIKE U! Keberhasilanmu mempompaku gezzz!!
    Ketika org2 sekitarku, ketika org2 yg aq kenal meragukanku dan terdengar seperti meremehkan impian2ku.. tapi saat ini Tuhan menunjukan sebuah “mimpi yg jadi nyata” melalui kamu gezz, itu sdh cukup memberiku vitamin B^^
    Aku sempet minder dan ragu dengan impian2ku, krn aq sadari mimpi2ku memang tdk semulia mereka ataupun senasionalis mereka.. kata-kata mereka spt menge-judge’ku (walaupun sebenernya maksudnya ga kyk gtu kali yaaa..).. Yah tp itu cukup membuatku DOWN.. Rasanya spt memegang mimpi yg rasanya seperti memegang hembusan angin.. Aku pun mulai bergumul, dan mencari-cari reason yg worthed untuk dipertahankan.. Tapi hasilnya NOL.. Yah seperti itulah..aku tahu Tuhan ga akan tinggal diam..Dia telah menempatkan teman2 yg tepat untukku..untuk jadi kekuatanku 🙂 #hugs

    1 hal yang aku sadari ketika aq atau kamu berada diluar sana (di luar negeri Indonesia) gez, tidak peduli aq keturunan chinese, atau ada campuran sunda, dan tidak peduli di negriku sendiri terjadi kerasisan, aq diakui warga china..ataupun aq dibilang warga pribumi..
    Ketika berada diluar sana kita akan tetap mengatakan “I’M COME FROM INDONESIA” tak peduli keturunan apa kamu! Aku bayangkan rasanya ada kekuatan tersendiri yang keluar saat kita mengatakan kalimat itu.. Biarlah mereka melihat Indonesia melalui diri kita^^

    • G.Viona June 13, 2011 at 6:28 am Reply

      Jez jez, makasih banyak yah. Kamu juga sudah kasi aku banyak dukungan lewat sharing dan ceritamu. Satu hal jez ada kalanya lelah, tapi mau ga mau kita harus tetep lari. I know you can do it. Semangat yah Jez, i love you sist! God bless you =)

  6. karin June 10, 2011 at 9:12 pm Reply

    I found you being a great writer now 🙂 keep on writing coz writings can be blessing others yet relieving 🙂 “God got you sis!” Never run from His plan, He will just catch u though, wherever you go,coz You are made for THAT plan. I am blessed. Thanks ges 🙂 and be ready to bless Netherlands 😀

    • G.Viona June 13, 2011 at 6:30 am Reply

      Seorang ce karin memberikan komentar. Gya! Makasih yah cece. I am in my process of learning about this writing thing, ce. Hopefully i could be a blessing that glorify His name. Thans a lot ce for the support. Keep on reading this blog yah. =) God bless you dear Ce Karin.

  7. ishak June 11, 2011 at 3:03 am Reply

    ce geges…wah..wah..congratz ya kak, ru baca blognya,,,I’m proud of you..
    keren banget tulisannya.. sukses ya ce di Holland 😀
    miss you ce, many things i learnt from you, astor yg baik 😀

    • G.Viona June 13, 2011 at 6:32 am Reply

      Jarak jauh memang ga berarti ya Shak. Thanks ya. semoga kamu juga mengejar cita-cita dan passion selama ini. Keputusan itu rasanya memang sudah kamu buat ya beberapa tahun lalu. Im glad =) Baca terus yah Shak! =)

  8. Bisma Ms June 13, 2011 at 6:59 am Reply

    Tulisannya menyentuh hati. Geges memang kerennn…kereenn banget.. kata orang surabaya itu SANGAR..Dia berani bermimpi untuk sesuatu yang pada awalnya seperti di luar kemampuannya dan terasa tidak mungkin..Tapi pada akhirnya itu terwujud. Sungguh bukti optimisme yang kuat. Semoga geges punya Iman yg tak terbatas, sehingga ke depan lebih banyak lagi menginspirasi orang dan jadi orang yang terbiasa untuk membuat hal-hal yang tidak mungkin menjadi mungkin..FIGHTING GES!

  9. zilko June 13, 2011 at 8:21 am Reply

    Betul, jangan sampai kita kehilangan yang namanya passion, apalagi masih muda, hehehe 🙂

    • G.Viona June 13, 2011 at 8:33 am Reply

      Heheh =) Iya..iya! Semangatt!

  10. sanly June 16, 2011 at 10:23 am Reply

    wwwaaaah, Gegeeez…My lovely beauty teacher…
    Tulisan mu begitu luar biasa…

    mengingat masa-masa seminar, ak, Bella, Gegez & Anggi duduk bersama d gedung C…
    kamu mengajarkan aku belajar presentasi di depan kelas…
    masukan serta kritik yang membangun dari kamu membuat aku belajar banyak hal…
    melihat sosok Gegez yang sabar, mau meluangkan waktu hanya demi AKU (wanita yg heboh, cekikikan terus, rame, g bisa diem)
    bener-bener Gegez wanita yang hebat yg slama ini ak pernah temui..
    sosoknya yang cantik, sabar, great person…
    ak akan inget pesen mu gez pas di TATOR
    “latian ngomong pake bahasa inggris aja, ntar kan terbiasa sama bhs inggris”
    huaaah!!! i’ll try to speak english teacher!!! that my short passion,wkwkwkwkwkwk

    semangat mu yg luar biasa itu pasti bisa membuat kamu mencapai cita-citamu gez….!!!!
    hmm….ngomong-ngomong di Belanda ada makanan enak ap yah gez?wkwkwkwk
    jgn lupa klo d sana km kuliner gez! inget GENDUT itu g masalah!!! yg penting sehat!!!hahahahahahaha

    betul betul betul???

    Tuhan Yesus selalu memberkati Gegez!!!
    i LOVE u my Teacher…^^

    • G.Viona June 17, 2011 at 5:36 am Reply

      Aku sampai speechless baca komentar ini san. Kamu buat aku nahan ngakak di tengah break lunch kantor. Aku terharu. Hiks. Aku nggak sehebat itu San, cuma bisa semangat! dan berharap semoga orang bisa terinspirasi oleh hal tersebut. Sesuatu yang simpel tapi besar pengaruhnya. Im so glad to have a good friend like you, mngimbangi keseriusan ku. Seneng kalo bareng kamu bisa ngakak terus.

      Ayo San, kamu bisa kok pasti. Belajar inggrisdari hal-hal yang simple, DVD atau lagu =)

      I love you dear Sanly! Semangat skripsinya!

  11. Ria June 24, 2011 at 1:47 pm Reply

    Geges..
    masih teringat jelas di pikiranku..waktu pertama kali ketemu dengan kamu yaitu saat selesai latihan upacara waktu P3KMABA di KJ. kita duduk di salah satu meja di KJ dengan Lukman (do you still remember? :p ), dan beberapa anak. di tengah kebisingan mahasiswa baru, kita berkenalan dan semenjak itu aku sadar bahwa You are a Great Woman !! 🙂
    dan sekarang?time is so fast..semuanya akan berakhir..masa-masa kuliah bersama..masa-masa kerja kelompok bersama dan masa-masa kepanitiaan..hehehehehe..jujur dari dulu sampai sekarang..I’m so proud of you dan aku percaya kamu akan menjadi orang yang sukses juga..

    Gez..kamu selalu bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang..selalu merendah, memberkati banyak orang dan melayani..yeah..its You!!

    teruskankarya-karyamu hunny..ternyata Tuhan punya rencana yang indah yang berbeda-beda bagi masing-masing dari kita ^^ jujur..dulu ingin rasanya bisa menjadi seperti kamu..tapi pemikiran bodoh itu hilang setelah aku menyadari bahwa Tuhan melukiskan aku berbeda..setiap kita tidak mungkin sama dan memiliki kelebihan serta anugrahnya masing-masing dari Tuhan dan justru aku belajar banyak hal dari kamu 🙂 setiap ujian dan gesekan yang ada..benar-benar membuat aku semakin mengerti arti “grace” yang kamu miliki di namamu..satu hal yang terpenting Tuhan tidak pernah meninggalkan kita dan memiliki rencana yang indah yang terkira bagi setiap kita ^^

    Senang rasanya bisa menjadi teman curhatmu di BBM sampai tengah malam dan aku berharap..meski Agustus nanti aku duluan “meninggalkan kampus”..kamu tetap mau terus berbagi inspirasimu denganku dan kita tidak pernah putus hubungan 🙂

    Selamat sekali lagi to you, Gez..and enjoy your Vit. B ^^

    I will always pray for you dear..
    God always be with you 🙂
    mwuah :p

Leave a Reply

