Vitamin B Dosis Tinggi Di Belanda

All happiness or unhappiness solely depends upon the quality of the object to which we are attached by love (Baruch Spinoza, Dutch Philosopher)

Rasa cinta pada negara asal Stroopwafel membuat mata saya terpana membaca deretan fakta mengenai Belanda. Sungguh mencengangkan mengetahui sebuah negeri yang populasinya lima belas kali lebih kecil dari Tanah Air, menjadi salah satu negeri yang banyak menyandang status ‘paling’.Satu pertanyaan yang berusaha saya jawab. Bagaimana?

Koninkrijk der Nederlanden atau yang sering disebut dengan The Netherlands berhasil menyabet beberapa status ‘paling’ yang bergengsi, diantaranya adalah ‘The Most Competitive Country’(urutan 10), ‘The Most Innovative Country’ (urutan 8), dan juga ‘The World’s Best Country’(urutan 10) (Sumber: Dutch Daily News,2011)

Patut diakui, Belanda telah belajar sejak dahulu kala. Kontur tanah yang berada di bawah permukaan air, memaksa penduduknya berpikir kreatif demi bertahan hidup. Nyatanya, tidak terbatas hanya untuk bertahan hidup, Belanda mengembangkan situasi dan sumber daya yang ada menjadi potensi pariwisata sekaligus budaya yang menarik perhatian dunia. Tidak hanya itu, banyak artikel menyatakan Belanda memiliki perekonomian yang baik, sekaligus minim konflik politik. Bahkan, Anda disarankan untuk pergi ke Belanda apabila ingin menikmati salah satu negara terbaik di dunia. Uraian prestasi diatas menghasilkan sebuah pertanyaan. Bagaimana sebuah negara maju dapat bertahan dan terus berkarya di tengah dunia yang sibuk dengan berbagai macam problema?

Vitamin B telah menjadi motor penggerak bagi penduduk Belanda untuk produktif dan inovatif dalam berbagai aspek hidupnya. Vitamin B yang dimaksud adalah Vitamin Bahagia. Menurut Gallup World Poll Survey 2010, Belanda menduduki peringkat 5 dalam polling The World’s Happiest Country dengan keterangan ‘thrieving’ untuk tingkat kebahagiaannya. Itu berarti sebagian besar penduduk negeri kincir angin ini puas dan senang dengan kehidupannya.

Kebebasan atau freedom kiranya menjadi salah satu faktor penyuplai vitamin B tersebut. Didaulat sebagai tempat kedudukan Mahkamah Internasional, hak asasi masyarakat Belanda pun dijunjung tinggi. Penduduknya bebas memeluk agama manapun yang diinginkan, tanpa paksaan atau tekanan. Dalam ranah politik, kebebasan tidak menghasilkan situasi yang carut marut. Sebaliknya, diimbangi oleh kesadaran yang tinggi akan tanggung jawab sebagai seorang warga negara, kebebasan berpolitik menghasilkan jumlah peserta pemilihan umum yang sangat tinggi yaitu 9,44 dari 10. Kebebasan mereka nyata, terjamin, dan bertanggung jawab. Disamping freedom, Dutch Daily News mengungkapkan 85% penduduk Belanda merasa bahagia dengan lingkungannya dikarenakan prospek kerja yang baik, kebersihan jalanan umum, kemudahan transportasi umum, dan rendahnya tingkat kriminalitas.

Selain untuk kepentingan pribadi, Vitamin B ini juga telah menjadi value dalam dunia bisnis Belanda. Tengok saja Unilever. Sebagai salah satu perusahaan consumer goods terbesar di dunia, hampir semua orang pernah menggunakan produknya. Nyatanya, salah satu value dari perusahaan ini adalah ‘Sharing of Joy’ atau berbagi kebahagiaan. Sedangkan Heinneken, perusahaan bir asal Belanda menyatakan ‘Enjoyment’ sebagai salah satu core values perusahaan dengan harapan mereka dapat memberikan kebahagiaan lebih bagi konsumen maupun karyawannya. Dapat ditarik sebuah persamaan, kedua perusahaan raksasa itu menyadari pentingnya menciptakan kebahagiaan dalam kehidupan manusia baik konsumen maupun publik internal mereka.

Menilik teori motivasi Abraham Maslow, pemerintahan Belanda telah berhasil memenuhi kebutuhan penduduknya baik dari aspek kebutuhan fisik, kebutuhan akan keamanan, kebutuhan akan kasih sayang, kebutuhan akan pengakuan, dan kebutuhan akan aktualisasi diri. Dikatakan bahwa tercapainya aspek-aspek tersebut dapat memotivasi seseorang untuk memaksimalkan dirinya demi kepentingan pribadi dan berdampak bagi lingkungannya. Jadi, tidaklah heran apabila negara ini terus maju dan terus berkarya menciptakan inovasi.

Ayo belajar dari Belanda! Ciptakan ‘Vitamin B’, mulai dari sekelilingmu!

Sumber :
http://www.newsweek.com/2010/08/15/interactive-infographic-of-the-worlds-best-countries.html
http://www.heinekeninternational.com/value
s.aspx
http://www.abraham-maslow.com/m_motivation/Motivation-and-Personality.asp
http://www.lifeissues.net/writer.php?ID=pry
http://www.forbes.com/2010/07/14/world-happiest-countries-lifestyle-realestate-gallup.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: