Nederlands : Scholarship is The New Tulip

“Jika anda ingin menguasai suatu bangsa,kuasailah bahasanya (Prince Charles,1989)”.

Rakyat Wales yang awalnya membenci keberadaan Pangeran Charles, berbalik mencintainya karena Sang Pangeran belajar bahasa tradisional Wales & akhirnya berpidato dalam bahasa tersebut. Pernyataan itu nampaknya berdampak lain bagi Belanda. Tidak perlu mengusai seluruh bahasa di muka bumi, Belanda tetap dicintai rakyat dari berbagai negara di belahan dunia lain. Ribuan orang belomba menjejakkan kaki di tanah tempat tulip tumbuh dan mekar dengan indahnya. Untuk berwisata, berbulan madu, berbisnis, bahkan untuk mengecap pendidikan.

Sangatlah unik bagaimana Belanda mempromosikan dan mendengungkan keunggulannya di muka bumi ini. Seakan-akan tidak pernah kehabisan ide dan inovasi, ia mencitrakan dirinya melalui berbagai macam cara dan sudut pandang. I’ll be there someday!

INSTEAD OF TULIPS, SCHOLARSHIPS ATTRACT US MORE

Saat berbicara mengenai daya tarik sebuah negara, Singapura menawarkan berbagai kemudahan hidup, lifestyle yang modern nan dinamis, dan tentu saja, kegiatan shopping yang bisa dilakukan till you really drop! Berbeda dengan Indonesia, kekayaan alam dan budaya menjadi salah satu daya tarik utama para wisatawan. Terbukti dari TVC (Television Commercial) yang ditujukan kepada dunia internasional, iklan ini dipenuhi scene yang memamerkan keragaman potensi alam dan uniknya budaya Indonesia seperti tari-tarian, candi, maupun rumah adat. Hal serupa juga dilakoni oleh negara tetangga kita, Malaysia, Thailand, dan juga Filipina. Sedangkan Belanda? Mereka ‘mengeksploitasi’ sumber daya yang ada untuk membuka mata dunia akan keberadaan negeri ini. Kabar baiknya, mereka berhasil! Salah satunya upayanya adalah melalui bidang pengajaran dan pendidikan.

6.540.000 adalah angka yang menunjukkan jumlah berita atau website saat anda mengetik ‘Indonesia scholarship 2011’. Lalu mari kita ketikkan ‘Netherlands scholarship 2011’ pada oom Google. Taadaaa! Hasilnya, sebanyak 12.000.000 berita atau website tersedia untuk anda telisik satu persatu demi beasiswa yang sesuai keinginan dan kebutuhan anda.

Pendidikan secara nyata telah menjadi magnet bagi dunia untuk singgah ke Negeri Kincir Angin. Haus akan ilmu pengetahuan? Datanglah ke Belanda.

Tertarik untuk studi lanjut? Ada dua tipe perguruan tinggi di Belanda. Kalian yang tergila-gila dengan Belanda seperti saya pasti familiar dengan istilah Hogeschool dan Universiteit. Hogeschool mempunyai tingkatan pendidikan yang lebih tinggi daripada SMA, namun juga tidak dapat disamakan dengan jenjang Universiteit. Mata pelajaran yang disediakan di Hogeschool sangat spesifik karena siswa akan disibukkan dengan berbagai kegiatan praktek. Beberapa contoh mata pelajaran di Hogeschool adalah International Communications Management, Social Work&Law, International Sports, Trade Management Asia, dan lainnya. Sedangkan Universiteit sendiri mempunyai konsep pengajaran yang kurang lebih sama dengan Universitas di Indonesia.

POWER SPEAKS

Kemarin malam, dengan semangat saya mewawancarai Hyun Visser. Hyun adalah seorang dosen bidang Social Work di salah satu Hogeschool di Belanda . Walau berdarah Korea, ia dibesarkan oleh keluarga asli Belanda. Jadi,jangan coba-coba mengobrol dengan bahasa Negeri Gingseng, ia hanya mengerti bahasa English dan Nederlands taal.

“heej Hyun,why do you think people do many innovations?”

“Yaa.. its clear, I think because the government give us money and chances to explore many things. Besides, we also should do something useful with those money right?”

Saya pun manggut-manggut di depan Blackberry sambil berpikir “Wow, kelihatannya, pejabat di sana gak banyak yang hobi studi ekskursi ke luar negeri.”

“Oh,really?” “Yes Blair, beside money, we are very open minded. Our open minded-ness make us could understand many things and then make something from it.”

Saya juga ingat saat saya mempertanyakan kesejahteraan yang didapatkan dari pekerjaan mengajar di Belanda. Dengan yakin, Ia pun menjawab dengan yakin bahwa pengajar merupakan salah satu pekerjaan yang menjamin kebutuhan anda (baca: menjanjikan). Memang pembicaraan itu tidak berjalan begitu dalam , namun satu hal yang bisa dilihat dari permukaan : Government does care.

Pemerintah Belanda mendukung kemajuan pendidikan di negerinya ,yang ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kemajuannya sendiri, namun menjadi daya tarik bagi orang-orang di negeri seberang. Kemudahan akses untuk sekolah, beragamnya bidang studi yang dapat dipilih, dan juga dukungan dana dari pemerintah merupakan hal yang dapat dipelajari dari negeri oranye ini.

Terinspirasi oleh tulisan Jaya Suprana yang merasa miris akan konsentrasi pemerintah di bidang pendidikan, membuat saya berpikir bahwa Indonesia haruslah lebih lagi melirik sistem pendidikan yang katanya ‘wajib belajar’. Apakah hal ini berarti murni wajib belajar didukung segala kemudahan atau wajib belajar plus wajib bayar uang bangunan, uang seragam, uang buku, uang a-z. Bukan hanya melulu soal pembangunan, politik, dan ekonomi belaka, kiranya pendidikan menjadi salah satu bidang yang diberi stabilo kuning di agenda pemerintah.

“Besar harapan saya sebagai anak tanah air agar rakyat bisa menikmati pendidikan berkualitas di Indonesia, bahkan pendidikan di Indonesia menjadi salah satu daya tarik pendatang dari luar negeri untuk singgah ke Zamrud Katulistiwa ini.”

cl, 2011 the unpublished writing for kompetiblog2011 kindly give comments or any feedback. Bedankt! 

Advertisements

4 thoughts on “Nederlands : Scholarship is The New Tulip

  1. Sary Siahaan June 10, 2011 at 9:34 am Reply

    I love it. It’s truly touched yet inspired me so much, I love Belanda too. Hope we’ll be there someday ci. Keep up your good work, wooww..amazing words 🙂

    • G.Viona June 10, 2011 at 5:08 pm Reply

      Thank a lot yah Sarrr! Thank you for reading! =)

  2. Georgius Danus Astro June 10, 2011 at 4:47 pm Reply

    Ce Geges.. It’s truly amazing..
    you really have an enormous passion about Netherlands..
    I’ve heard enough about scholarships there, and I’m really surprised with what the government does..
    It’s really different here in Indonesia. And I hope I can go there, maybe for some traveling or education..
    Netherlands is also one of my fave country,
    Btw, how do you know Hyun Visser? haha.. Is he the one from COP? 🙂

    • G.Viona June 10, 2011 at 5:07 pm Reply

      Yup Tro!!!! =) I know him from COP. Hahaha. That’s why you should join that program too, kay?
      Thanks a lot Tro for supporting me =)
      You can go anywhere you like, and follow your passion =) I’m sure, specially with your perfect GPA and very good attitude!!! =D
      GBU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: